Senin, 30 Agustus 2010

BERSAHABAT DENGAN KRITIK

Dalam kehidupan sehari-hari,kita tak akan lepas dari kritik.Berfungsi sbg apapun dalam masyarakat,kritik akan menjadi bagian dari hidup kita.Dalam kritik ada dua hal yg selalu jadi perhatian,yakni isi dan cara penyampaiannya.Ada yg isinya benar dan cara penyampaiannya baik.Ada pula isinya benar tapi cara penyampaiannya kurang tepat.Atau isi kritik salah meskipun cara penyampaiannya baik.Yg paling celaka bila isi kritik salah dan cara penyampaiannya pun tidak baik.

Agar kritik tidak menjadi dilema, kiat berikut bisa dicoba :
_ MEMAHAMI MAKNA KRITIK. Sebaiknya kita menganggap kritik sbg masukan untuk memperbaiki diri.Dgn begitu akan tercipta sikap positip sewaktu menghadapi kritikan.

_ MENCARI KRITIK. Apabila dianggap sbg hal bermanfaat,carilah dan mintalah kritik dari orang disekitar kita.Dgn begitu dpt diperoleh gambaran mengenai diri kita.

_ MENERIMA KRITIK. Terimalah kritik dgn lapang dada.Jangan menyikapinya dgn emosional.Sebaliknya hadapi dgn perasaan tenang dan pikiran jernih.

_ EVALUASI DIRI. Setelah kritik diterima ,selanjutnya memilah dan memilihnya.Berdasarkan itu kita dapat mengevaluasi dan menilai diri secara objektif.

_ PERBAIKI DIRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar