Senin, 25 Agustus 2014

Tawakal Principles

Islam mengajarkan kita untuk menyertakan tawakal dalam proses pencapaian suatu cita-cita. Suatu aktivitas dan kreativitas bisa dikategorikan menggunakan prinsip2 tawakal apabila mengandung empat unsur sbb:

1. Mujahadah
    
     Artinya sungguh-sungguh.Allah memerintahkan agar kita bersungguh-sungguh dalam melakukan suatu pekerjaan. Firman Allah dalam Q-S As-Syarh  :7-8  yg terjemahannya sbb:
"Maka apabila kamu telah selesai dari suatu pekerjaan/ urusan, maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yg lain.Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap"

2.  Do'a

     Allah memiliki kekuasaan yg tak terhingga, karena itu walaupun sudah melakukan mujahadah, kita harus memohon kekuatan dari Allah agar pekerjaan bisa diselesaikan dgn sebaik-baiknya.

3. Syukur

     Apabila mujahadah dan do'a menyertai seluruh aktifitas dan kreatifitas kita, insya Allah kesuksesan  yg kita raih akan mengantarkan pada rasa syukur. Hal ini perlu kita pegang karena kesuksesan sering mengantarkan manusia pada keangkuhan, padahal keangkuhan adalah sifat yg paling dimurkai Allah .
" Sesungguhnya  jika kamu bersyukur,pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmatKu maka sesungguhnya azab-Ku amat pedih"   Q-S Ibrahim :7 

4.  Sabar

     Sabar artinya tahan uji dalam menghadapi berbagai cobaan. Mungkin saja kita telah bekerja keras, sistematis dan disertai do'a, namun mungkin hasilnya tidak seperti yg kita harapkan. Sabar bukan berarti diam dan meratapi kegagalan, tetapi sabar adalah introspeksi dan bekerja lebih baik lagi agar kegagalan tidak terulang kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar