Sabtu, 13 September 2014

SABAR

Kesabaran adalah suatu kekuatan jiwa yang membuat orang menjadi tabah menghadapi ujian. Sabar begitu penting untuk kita miliki, karena ujian akan selalu mewarnai kehidupan kita.
Paling tidak ,kita harus mampu sabar dalam menghadapi  5 macam ujian :

1. Sabar dalam menghadapi ujian ketakutan, kemelaratan, kelaparan, penyakit, kekecewaan atau ditinggal wafat oleh orang2 yg kita sayangi.

2. Sabar menghadapi ujian Nafsu. Setiap saat kita harus berjuang menundukkan dorongan-dorongan negatif yang ada dalam diri kita. Kita memiliki dua macam nafsu yaitu nafsu amarah yaitu dorongan untuk berbuat pelanggaran dan nafsu muthmainnah yaitu dorongan untuk melakukan kebaikan.

3. Sabar dalam beramal saleh. Dalam beramal saleh kita harus mampu menjaga keikhlasan pada saat berniat, berbuat ataupun setelahnya.

4. Sabar dalam menyampaikan kebenaran. Saat kita mengajak orang lain untuk berada dalam kebenaran , kita harus bersabar karena tidak semua orang yg kita ajak akan menerima meskipun terhadap anak, istri ,saudara ataupun teman.

5. Sabar dalam menghadapi berbagai karakter orang. Setiap manusia itu unik, tidak ada yg sama persis karakternya. Ada yg ramah, judes, pelit, dermawan, dan lain-lain.
Allah menganjurkan kita senantiasa bisa mengendalikan emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar